Jumat, Juli 08, 2011

Cereka Bunyi Sound Fiction PENTAS ENAM KOMPOSER BSO 2011

Cereka Bunyi Sound Fiction BSO 2011 "PENTAS ENAM KOMPOSER"

Alkisah…

Saudara-mara Johann Sebastian Bach hampir saja menjual helai-helai kertas tulisan musik (partitur) komponis dunia ini ke tukang loak. Jika tidak dihalang-halangi oleh sAhahabat-shahabatnya, maka beberapa musik Bach tidak akan kita dengar atau mainkan sampai hari ini.

Syahdan…

Di Riau, sejak dulu sudah ada komposisi musik orkestrasi yang dikekalkan komposernya ke dalam tulisan. Sebutlah misalnya, beberapa komposisi karya almarhum A. Solaiman Syaffe’ie dan murid-muridnya. Kini komposisi-komposisi tertulis itu semakin banyak diciptakan. Perkembangan ini tentu saja terkait erat dengan semakin banyaknya belia-belia Riau yang seperti Alm. A. Solaiman Syaffe’ie- berusaha memahami, memainkan, dan menciptakan dengan pendekatan ilmu musik.

Hatta…

Tulisan-tulisan itu niscaya hanya akan menjadi dokumen akal-budi yang diam membisu –untuk kemudian menjadi kertas-kertas lapuk lalu lesap, atau file-file komputer yang selalu terancam virus- jika tidak ‘dirayakan’ dalam bentuk “peristiwa-peristiwa musik”.

Maka…

Mulai tahun ini, Bandar Serai Orchestra (BSO) menyelenggarakan peristiwa musik tahunan dengan tajuk pertabalan Cereka Bunyi (Sound fiction). Di tahun pertama ini, diarak 7 (tujuh) komposisi karya 6 (enam) komposer anak watan, masing-masing: Arman Rambah, Fanny Soufina, ulisman, Rino Dezapati, Rizki Alfarisyi, dan Zuarman Ahmad.


Profile 6 Komposer Musik Riau

Arman Rambah : Flute, Piano and Quartet String


Arman Rambah, lahir di Pasir Pengaraian, 05 April 1970. Menamatkan studi magisternya di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 2010. Dosen di Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR) ini sekarang tinggal di jalan Safari 3 No.4 Pekanbaru (Telepon 0811764770). Komposisinya yang berjudul Flute, Piano and Quartet String merupakan komposisi “absolute music”, yaitu musik non-representational yang tidak secara ekspilit tentang apa-apa (lawan dari “program music”).

Fanny Soufina : For Zapin

Fanny Soufina, lahir di Medan, 23 Agustus 1973. Dia adalah alumnus Akedemi Kesenian Melayu Riau (AKMR) tahun 2006, dan guru piano. Almat Jalan Ronggowarsito No. 58F Pekanbaru (Nomor telepon 08197621173/(0761)8333957). Komposisinya yang berjudul For Zapin mengekplorasi zapin sebagai fenomena musik.

Julisman : Bagan Siapiapi

Julisman, lahir di Sedinginan, 28 Juni 1985. Menamatkan pendidikan di jurusan Musik Akedemi Kesenian Melayu Riau (AKMR) tahun 2011. Seniman ini sekarang beralamat di Studio BSO, Bandar Serai (purna-MTQ) Pekanbaru. Nomor kontak 081365403275. Komposisi Bagan Siapiapi merupakan ekplorasi kota Bagan Siapiapi dari sudut pandang komposer, semacam pastoral symphony atau luapan ekspresi komposer tentang sebuah lingkungan ( fisik dan sosial), sebagaimana halnya Johann Sebastian Bach mengubah kota Brandenburg menjadi komposisi musik Brandenburg Concerto.

Rino Dezapati : Planet Zapin

Rino Dezapati, lahir di Pekanbaru, 17 Desmber 1977. Alamat di Jalan Parit Indah Perum Permata Ratu Blok P No. 09 Tangkerang Labuai Pekanbaru (Nomor telepon 081378870807). Komposisinya yang berjudul Planet Zapin merupakan eksplorasi dari melodi-melodi musik zapin dengan pendekatan teori syncope, yakni modifikasi irama atau melodi dengan cara sinkopasi.

Rizki Alfarisyi : Lagu Malam

Rizki Alfarisyi, Lahir di Bangkinang, 15 Juli 1987. Menamatkan pendidikan di Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR) tahun 2010. Alamat, jalan Kelly Tangkerang Selatan Pekanbaru (Nomor telepon 085271771538). Lagu Malam merupakan musik yang bercerita tentang malam, sebagaimana halnya karya-karya komposer klasik seperti Eine Kleine Nachtmusik (Mozart), Nocturno (Chopin), dan lain-lain yang bertema “malam”.

Zuarman Ahmad : Overture dan Preludium

Zuarman Ahmad, lahir di Dalu-dalu, 03 April 1963. Konduktor Bandar Serai Orchestra (BSO) ini alumnus Pendidikan Sendratasik FKIP-UIR. Berbagai penghargaan pernah diterimanya, antara lain Anugerah Seniman-Budayawan Sagang 2009, Seniman Pemangku Negeri (DKR), dan lain-lain. Dosen AKMR dan Redaktur majalah Budaya Sagang ini beralamat di Perum Sidomulyo Pekanbaru (Nomor telepon 081269557583). Overture merupakan musik pembuka dari pembentangan sebuah karya opera berjudul Bulang Cahaya (akan di pentaskan); demikian pula Preledium, Komposisi musik pengantar ke bagian lain dari Opera yang sama.

Kemudian daripada itu...

Kelanjutan peristiwa musik itu bertajuk Ceraka Bunyi (Sound fiction) ini, akan sangat bergantung pada kreativitas komposer kita setelah ini. Selaku penyelenggara, Bandar Serai Orchestra (BSO) akan membentuk tim kurator untuk menghimpun komposisi-komposisi yang lain, dan memilih 10 (sepuluh) di antaranya untuk dibentangkan tahun depan (2012).
Insya Allah.


Beberapa photo cereka bunyi ketika pentas Sabtu tanggal 11 Juni 2011 jam 20:15 wib sampai dengan selesai bertempat di Anjung Seni Idrus Tintin - Bandar Serai (Purna MTQ).






Video Cereka Bunyi Sound Fiction BSO


Sumber :
Cereka Bunyi
http://www.youtube.com/watch?v=h8z2JZg4zdk

Artikel bersempena