Senin, Mei 30, 2011

Puisi Mantra Kuat Tenaga

Puisi Mantra Kuat Tenaga dipergunakan untuk mantra menguatkan tenaga diri atau orang lain menjadi kekuatan besi.

Bismillahirrahmanirrahim
hai besi bangunlah engkau si raja besi
yang bernama siganda bisa
engkau duduk di kepala jantungku
bersandar di tiang Arsy
kuminta tinggikan insanku
kuminta rendah insan sekalian
berkat aku memakai wujud kodrat Sayidina Ali
bujur lalu melintang patah
lalu juga kehendak Allah
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Sabtu, Mei 28, 2011

Puisi Mantra Sumpah

Puisi Mantra Sumpah merupakan mantra untuk memberi peringatan atau mengingatkan terhadap unsur-unsur tertentu (jin, setan, iblis, jembalang, hantu, dan sebagainya) agar tidak mengabaikan perintah dukun, datuk, bomo atau pawang yang membacakan mantra. Mantra ini juga digunakan untuk menghalau makhluk halus dengan mengancam sekalian.

mari naik lancang ini berkampung ramai-ramai
boleh dibawa air hilir
dibawa angin lalu
dibawa tanah merekah
pergilah engkau ke laut tak berombak
padang tak berumput
janganlah engkau berbalik kemari
engkau dimakan sumpah
ke laut tak dapat minum
ke darat tak dapat makan
menangkap melintang bumi

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Kamis, Mei 26, 2011

Puisi Mantra Pengusir Hama Tikus

Puisi Mantra Pengusir Hama Tikus merupakan mantra perintah untuk mengusir atau menghalau tikus dari ladang-ladang penduduk.

Bismillahirrahmanirrahim
aku tau asal engkau tikus tuk sitimuna
itulah asal atuk nek kau
kau jangan padiku
kutawar pada pisang tujuh biji
ambillah di tunggul ini
berkat kalimah laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Selasa, Mei 24, 2011

Contoh Puisi Tawar Melayu

Contoh Puisi Tawar Melayu - Tawar berguna untuk mengobati penyakit seperti terkena bisa/racun, dan penyakit lainnya.

Contoh Puisi Tawar Racun
bismillahirrahmannirrahim
bismillah aku menawar racun
aku tau asal racun
seri manik yang menawar
jin semlut yang punya tawar
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah


Tawar Sakit Perut
1
bismillahirrahmannirrahim
meghinju megheijun megheceu
meghiceu suruh lari
meghiceu nakal
meghinju meghinju suruh lari
pergilah ke tempat kau suke
jangan lagi di sini
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

2
bismillah
lotong kekah ijuk tali
aku menawar kembung segah
kentut jadi

malam senak mudik ke limbung
si maru rumah mak encik
lantas turun ke kaki
turun bisa
naik tawar
aku menawar bisa perut

lotong kekah ijuk tali
aku menawar kembung segah
kentut jadi


Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001



Read more ...

Minggu, Mei 22, 2011

Puisi Mantra Pengasih Tongkat Tua

Puisi Mantra Pengasih Tongkat Tua sebagai mantra pengasih pemberi seri cahaya.

Bismillahirrahmanirrahim
bismillah turun Ali naik Ali
turun penuh balik limbah
limbah meniti urat dagingku
limbah berseri cahayaku
teguh tegang urat rambutku
balik setialah seperti budak baru menjadi
berkat aku memakai cahaya Allah
cahaya Muhammad
cahaya baginda Rasulullah
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Jumat, Mei 20, 2011

Puisi Mantra Pemanis Minyak

Mantra Pemanis Minyak berguna sebagai mantra pengasih dengan menggunakan media/alat minyak yang dapat membuat orang jadi berseri, sehingga siapa saja orang yang menggunakan minyak tersebut akan disenangi oleh siapa saja yang melihatnya. Sebagian orang Melayu menyebutnya "minyak ayun" atau "minyak senyonyong".

tuang minyak kutuang
kutuang di tapak tangan
bukan aku minyak seorang
aku minyak bulan bintang
matahari dan cahaya
cahaya bulan cahayaku
cahaya bintang cahayaku
cahaya matahari cahayaku
cahaya Allah cahaya Muhammad
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Rabu, Mei 18, 2011

Puisi Mantra Pekasih Sekampung

Mantra Pekasih Sekampung dimaksud agar seseorang yang dimantrai akan dikasihi dan disayangi oleh orang sekampung. Jika perantauan, maka akan diterima dengan senang hati di tempat yang ia datangi.

muslimin minallah
hatimu sejuk dingin
kasihmu kasih bughiah
pula lah kan tidak tunduk kasih pada aku
harimau yang garang lagi tunduk kasih pada aku
berkat laillaha illallah
Muhammadarrasulullah

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Senin, Mei 16, 2011

Contoh Puisi Serapah Melayu

Serapah digunakan untuk membujuk, memanggil atau menghalau makhluk-makhluk halus seperti jin, iblis, setan, jembalang, hantu, dan lain-lain.

Contoh Serapah Buaya
hai si jambu rakai
sambutlaj pekiriman puteri runduk di gunung ledang
embacang masak sebiji bulat
penyikat tujuh penyikat
pengarang tujuh pengarang
diorak dikembang jangan
kalau kau sambut
dua hari jalan ketiga
ke darat kau dapat makan
ke laut kau dapat minum

aku tau asal kau jadi
tanah liat asal kau jadi
tulang buku tebu asal kau jadi
darah kau gila, dada kau upih
gigi kau tunjang berembang
ridip kau cucur atap


Contoh Serapah Penghalau Setan
bismillahirrahman nirrohim
hantu raya jembalang raya
datang engkau dari hutan raya
kembalilah engkau ke hutan raya
engkau jangan bertemu anak sidang manusia
jika bertemu anak sidang manusia
tunduk engkau tujuh kali kepada aku
umat Muhammad lah yang sebenarnya
berkata-kata lailaha illallah Muhammadarrasulullah


Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau


Read more ...

Minggu, Mei 15, 2011

Contoh Puisi Mantra Melayu

Mantra yang dibacakan berdaya magik. Salah satu contoh mantra adlaah sebagai berikut :
"....
semut menyerap di mulutku
gerak gering harimau garang
cekam terkam anjing tunggal
turun kau darah penakut
naik aku darah berani
menyerap-nyerap di hatiku
seminga-minga di mukaku
berkat aku memakai perindang Ali
guru aku kabul, aku pun kabul
kabul baginda Rasulullah"



Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau


Read more ...

Sabtu, Mei 14, 2011

Contoh Puisi Jampi Melayu

Jampi digunakan untuk menyembuhkan penyakit, mengusir makhluk halus yang ada di badan seseorang. Contoh Jampi :

Contoh Jampi Tersampuk (kemasukan makhluk halus)
bismillahirrahman nirrahim
gelang kudung
gelang raya
gelang tembaga
engkau bertiga bersaudara
jangan kau rusakkan anak cucu Adam
durhaka engkau kepada Allah
berdosa engkau kepada aku
dimakan Qur'an tiga puluh juz
sebanyak huruf
sebanyak baris
sebanayk titik
sebanyak sabdu
ke atas tak berpucuk
ke bawah tak bersuah
ke air tak minum
ke darat tak makan
aku tau asal kau mula jadi
dari darah yang busuk
masuk sekalian tawar
keluar sekalian bisa
bukan aku yang punya tawar
datuk malin karimun yang punya tawar
tawar Allah tawar Muhammad
tawar baginda Rasulullah
berkat doa
lailaha illallah
Muhammadarrasulullah


Contoh Jampi Penutup Luka
Bismillahhirrahmannirrahim
poli terpoli
besi meluka
besi menangkal
coba besi merusakkan
engkau durhaka kepada Allah
coba engkau membinasakan daging
engkau durhaka kepada Allah
tertutup terkunci
tertanggal terpakal
berkat doa la haula wala quwwata
illa billahil aliyil 'azim


Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001



Read more ...

Selasa, Mei 10, 2011

Bagian Pembuka Puisi Mantra Melayu

Struktur puisi mantra Melayu meliputi 3 bagian yaitu
Pembuka
Bagian Isi
Bagian Pemutus (Penutup Akhir)

Untuk bagian pembuka, terdiri dari 2 jenis yaitu pembuka panjang dan pembuka pendek.

Bagian Pembuka Pendek Puisi Mantra Melayu, pada umumnya 1 kalimat pendek seperti :
Bismillah
Bismillahirrahmanirrahim
Wah
Kur
Kur semangat
dll

Bagian Pembuka Panjang Puisi Mantra Melayu pada umumnya adalah menyambung Bagian Pembuka Pendek Puisi Mantra Melayu seperti diatas. Penyambungnya adalah :
Al Fatihah : sekali atau berulang sesuai hitungan tertentu
Ayat Kursi : sekali atau berulang sesuai hitungan tertentu
Subhanallah : sekali atau berulang sesuai hitungan tertentu
Alhamdulillah : sekali atau berulang sesuai hitungan tertentu
Allahu Akbar : sekali atau berulang sesuai hitungan tertentu
Qul huwallahu ahad : sampai selesai
Qul a'uzubirabbilfalaq : sampai selesai
Qul a'uzubirabbinnas : sampai selesai

Hal ini bisa lebih panjang lagi dengan menyambung :
Bismillahirrahmanirrahim
ya Allah, ya Rahman, ya Rahim
ya Allah, ya Tuhanku
ya Rasul, ya Rasulullah yang dikasihi

Mengenai pengertian dan penjelasan tentang mantra dapat dibaca di :
Pola Puisi Mantra Melayu Riau

Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Minggu, Mei 08, 2011

Pola Mantra Melayu Riau

Puisi Mantra dalam khasanah kehidupan puak Melayu Riau tidaklah memiliki istilah tunggal, melainkan mempunyai istilah yang beragam. Keragaman itu ditunjukkan oleh adanya berbagai sebutan nama puisi mantra. Nama-nama istilah manatra tersebut yakni :
  1. mantra
  2. serapah
  3. jampi
  4. tawar
  5. tangkal
  6. cuca
  7. oja

MANTRA
Mantra merupakan bacaan berdaya magik yang digunakan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Melayu tradisional. Arti mantra sebagaimana dicantumkan dalam kamus Dewan Edisi Ketiga (Dewan Bahasa dan Pustaka, 1998:859) ialah :
Kata-kata atau ayat yang apabila diucapkan dapat menimbulkan kuasa ghaib (untuk menyembuhkan penyakit dan lain-lain), jampi.

SERAPAH
Serapah merupakan istilah paling dikenal di masyarakat Melayu, bahkan paling awal dikenal. SZerapah biasanya digunakan untuk mengadakan komunikasi dengan makhluk halus seperti jin, setan, iblis, jembalang dan berbagai jenis hantu lainnya. Komunikasi dalam hal ini dapat berupa membujuk, memanggil atau menghalau makhluk-makhluk yang dimaksud. Bandingkan istilah "sumpah seranah" dalam bahasa Melayu yang dilencengkan dalam bahasa Indonesia menjadi "sumpah serapah".

Mengenai serapah dijelaskan oleh Raja Ali Haji dalam kitab Pengetahuan Bahasa : Kamus Logat Melayu Johor, Pahang, Riau dan Lingga (dalam Hasan Junus, 1989;79). Menurutnya, adapun kata serapah sama artinya dengan jampi, yang artinya sebagai berikut :
"seseorang membacakan daripada ayat Qur'an atau doa-doa, isim-isim, atau serapah-serapah karena obat kedatangan penyakit atau karena berkehendaklah sesuatu hikmah atau tangkal".

JAMPI
Jampi merupakan istilah umum dalam kehidupan Melayu. Jampi ialah sesuatu yang dibacakan oleh seseorang kepada orang lain. Atau seseorang menghembuskannya, tangkal (sic) dari jauh, supaya ruh-ruh halus yang masuk dalam jiwa seseorang keluar dan hilang, atau mungkin saja orang yang dimaksud menjadi birahi, dan lain-lain.

TAWAR
Tawar atau disebut juga dengan Penawar yaitu mantra-mantra yang juga digunakan untuk mengobati penyakit. Perbedaan Tawar dengan Jampi ialah bila Jampi digunakan untuk maksud tertentu kepada seseorang atau benda atau makhluk halus lainnya, sedangkan Tawar atau Penawar digunakan untuk menyembuhkan seseorang dari penyakit yang disebabkan oleh sesuatu yang berbisa (racun) misalnya terkena gigitan binatang, berbagai jenis racun, dan sakit-sakit lainnya. Menurut kepercayaan masyarakat Melayu (tradisional), dengan tawar atau penawar ini segala yang berbisa atau beracun akan hilang sifat bisa/racunnya.

TANGKAL
Tangkal atau Penangkal merupakan kalimat-kalimat sebagai alat untuk mengantisipasi atau sebagai penangkis perbuatan perbuatan jahat dari makhluk lain, baik makhluk halus (jin, setan, iblis, jembalang, hantu, dan sebagainya) maupun makhluk seperti manusia dan bianatang. Kalimat-kalimat pada tangkal ini disamping menggunakan bahasa Melayu Riau, juga menggunakan bahasa Arab, atau kombinasi dari kedua bahasa tersebut.

Puisi mantra sebagai tangkal apabila ditulis atau dibacakan pada suatu alat atau benda, yang kemudian benda tersebut diikatkan pada salah satu anggota tubuh atau diletakkan di tempat-tempat tertentu yang dibutuhkan bagi yang mengenakan tangkal semisal pada leher sebagai kalung, di tangan sebagai gelang, pinggang, dan lain-lain.

Dalam kehidupan masyarakat Melayu di Riau, adapula sejenis Tangkal yang dinamakan dengan WAPAK. Pada umumnya Wapak mengunakan bahasa Arab yang mungkin saja diambil dari ayat-ayat suci Al-Qur'an. Biasanya wapak ini hanya ada dalam bentuk tertulis atau dituliskan sedemikian rupa dengan suatu persyaratan pada benda-benda tertentu. Wapak selalu ditempatkan di atas pintu utama rumah, atau di tempat-tempat tertentu yang sangat diperlukan oleh pemiliknya.

Menurut Raja Ali Haji, tangkal atau wapak dimaksud yaitu sesuatu yang diikatkan kepada badan atau digantungkan pada leher atau diikatkan pada pinggang dengan faidah apabila ada sesuatu kejahatan yang tidak disangka datangnya, maka tangkal tersebut menjaga badan si pemakainya.

Tujuan penggunaan Wapak sama dengan penggunaan tangkal, yaitu menangkal atau menangkis. Oleh karenanya dalam kajian ini wapak digolongkan pada kategori Tangkal. Biasanya wapak maupun tangkal pantang dilangkahi (tidak boleh terlangkahi), dan tidak boleh dibawa ke tempat-tempat kotor.

CUCA
Menurut Raja Ali Haji, Cuca adalah :
"... seseorang ada menaruh ilmu apabila dibicarakannya kepada seseorang dari pada seterunya (musuh) (sic) maka datanglah takut pada hati seterunya (musuh) itu, hingga apa-apa yang diperbuat oleh orang itu tiadalah berani ia melawan lagi, sebab sudah ada cuca..."
Cuca dalam kehidupan masyarakat Melayu Riau yaitu semacam ilmu sihir atau tenung. Dengan Cuca ini seseorang dapat dibuat menjadi takut, tunduk, patuh, dan sebagainya. Dengan kata lain, dapatlah disebutkan bahwa Cuca merupakan bacaan yang dipergunakan untuk tujuan menganiaya atau merusak oran lain.

Sebagai ilustrasi, misalnya dalam kisah Hikayat Dewa Mendu, oleh karena pinangan Raja Laksemalik ditolak oleh puteri Siti Mahadewi, maka Raja Laksemalik merasa sakit hati. Untuk membalas rasa sakit hatinya terhadap puteri Siti Mahadewi, ia minta bantuan kepada sahabatnya Jin Nikar Bandan atau Tuk Nikar Bandan. Lalu Jin Nikar Bandan "mencuca" puteri Siti Mahadewi menjadi seekor gajah putih.

OJA
Menurut Raja Ali Haji, Oja merupakan kalimat-kalimat yang diucapkan biasanya oleg orang yang melakukan pekerjaan menyabung ayam. Oja diucapkan secara berbalas-balasan, tujuannya untuk menyeru tuah ayam yang disabung itu.

Uraian di atas merupakan mantra (puisi mantra) yang dikenal luas masyarakat Malyu Riau, sungguhpun nama-nama mantra itu beragam, namun secara umum bagi masyarakat Melayu hanya menyebutnya dengan "mantra" saja.


Disadur dari :
PUISI MANTRA
Abdul Jalil
Elmustian Rahman
Unri Press
Pekanbaru - Riau
2001

Read more ...

Artikel bersempena